Nama :
Nur Rahmah
Nim :
A1B114090
Prodi :
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata kuliah : Teori dan Pembelajaran Menulis
SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester : IX (Sembilan)/Gasal
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
I.
Teks
Eksemplum
|
||||||
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya.
1.2
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai
sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.1
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai
sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.1 memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna
kegiatan dalam konteks budaya masyarakat.
|
|
Kegiatan pembelajaran KD pada KI-1 dan KD pada KI-2
terintegrasi pada KD-KD pada KI-3 dan 4
|
|
Penilaian KD KI-1 dan KD KI-2 terintegrasi dengan
penilaian pada KD di KI-3 dan 4
|
|
|
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantanga, dan rekaman
percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan
rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
Teks Eksemplum
Struktur/Bentuk teks
-
Abstrak
-
Orientasi/
insiden
-
Interpretasi/
tafsiran
-
Amanat
Ciri-ciri bahasa :
-
Kalimat kompleks
-
Kata rujukan
-
konjungsi
|
A.
Permodelan teks
Mengamati
·
Membaca teks eksemplum
(sebagai permodelan) dengan cermat untuk melihat bentuk/struktur teks (abstrak,
orientasi/insiden, tafsiran, amanat)
·
Membaca teks model untuk
memahami unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa (kalimat kompleks, kata kerja,
kata rujukan, konjungsi)
Menanya
·
Menanya tentang bentuk
teks eksemplum, yakni tentang unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa teks
eksemplum
Mengumpulkan
informasi
·
Mencari informasi tentang
bentuk/struktur teks eksemplum (abstrak, orientasi/insiden, tafsiran, koda/amanat)
dari berbagai sumber dan mendiskusikannya
·
Mencari informasi tentang
unsur kebahasaan teks eksemplum dari berbagai sumber dan mendiskusikannya
sebagai pendukung teks
Menalar/mengasosiasi
·
Menggunakan unsur
kebahasaan (kalimat kompleks, kata rujukan, kata kerja, konjungsi) untuk
kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman teks eksemplum secara lisan dan
tulisan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
pemahaman tentang ciri-ciri bahasa/unsur kebahasaan teks eksemplum
|
·
Dapat menjelaskan tentang
teks eksemplum baik melalui lisan maupun tulisan
·
Dapat menangkap makna teks
eksemplum baik melalui lisan maupun tulisan
|
Sikap :
Observasi
·
Tanggung jawab dalam
melaksanakan tugas
·
Santun dalam menyampaikan
pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis:
·
Kemampuan dalam memahami
bentuk/struktur teks eksemplum
·
Kemampuan memahami unsur
kebahasaan teks eksemplum
Keterampilan :
Unjuk kerja
·
Kemampuan menyampaikan
hasil pemahaman tentang bentuk/struktur dan unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa
teks eksemplum
|
6 JP
|
·
Buku teks bahasa Indonesia
kelas IX
·
Lingkungan
·
Media Cetak
·
Media Elektronik
|
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tantangan, dan rekaman
percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4 Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
Teks Eksemplum
Struktur/bentuk teks
-
Abstrak
-
Orientasi/
insiden
-
Interpretasi/
tafsiran
-
Amanat
Ciri-ciri bahasa :
-
Kalimat kompleks
-
Kata rujukan
-
Konjungsi
Cara mengidentifikasi kekurangan teks berdasarkan
kaidah teks (struktur)
Cara menelaah dan merevisi teks berdasarkan kaidah
kebahasaan
Cara meringkas teks
|
B.
Penyusunan Teks secara
Mandiri
Mengamati
·
membaca kembali teks
eksemplum (dari teks model)
Menanya
·
menanya tentang penyusunan
teks eksemplum berdasarkan bentuk/struktur teks serta ciri-ciri bahasa untuk
mempertajam pemahaman
Mengumpulkan
Informasi
·
mencari informasi dari
berbagai sumber tentang teks eksemplum (bentuk/struktur dan ciri-ciri bahasa)
untuk mempertajam pemahaman
·
mengumpulkan bahan/data
untuk penyusunan teks eksemplum secara mandiri dengan memanfaatkan lingkungan
sekitar atau sumber lain
Menalar/Mengasosiasi
·
mengidentifikasi
data/informasi yang telah diperoleh sebagai bahan penyusunan teks eksemplum
·
menyusun teks eksemplum
berdasarkan data/informasi yang diperoleh dengan memperhatikan bentu/struktur
teks (abstrak, orientasi, peristiwa/insiden, interpretasi/tafsiran,
koda/amanat) serta unsure bahasa (pilihan kalimat, konjungsi, kata rujukan,
pilihan kata, ejaan, dan tanda baca)
·
menelaah kembali teks
eksemplum yang telah ditulis dari aspek struktur/bentuk dan kaidah kebahasaan
·
merevisi teks cerita moral
berdasarkan hasil telaah untuk penyempurnaan teks
·
meringkas teks eksemplum
agar pembaca dapat mengetahui secara keseluruhan isi teks dengan
memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca
Mengomunikasikan
·
menanggapi saran dari
teman/guru untuk perbaikan tulisan
·
mempublikasikan hasil
penyusunan teks
|
·
Dapat menelaah dan
merevisi teks eksemplum
·
Dapat menyusun teks
eksemplum dengan baik dan benar
·
Dapat meringkas teks
cerita moral dengan penggunaan ejaan dan tanda baca yang baik dan benar
|
Sikap :
Observasi
·
Tanggung jawab dalam
melaksanakan tugas
·
Santun dalam menyampaikan
pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis:
·
Kemampuan dalam menelaah
dan merevisi teks cerita moral
Keterampilan :
Unjuk kerja
·
Kemampuan menyusun teks
moral
·
Kemampuan meringkas teks
cerita moral
|
12 JP
|
|
II.
Teks Tanggapan Kritis
|
||||||
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya.
1.2
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai
sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai
sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.2 memiliki perilaku cinta tanah air dan semangat
kebangsaan atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna dalam hal
pesan dan nilai-nilai budaya
|
|
Kegiatan pembelajaran KD pada KI-1 dan KD pada KI-2
terintegrasi pada KD-KD pada KI-3 dan 4
|
|
Penilaian KD KI-1 dan KD KI-2 terintegrasi dengan
penilaian pada KD di KI-3 dan 4
|
|
|
3.1 memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan
rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
|
Teks Tanggapan Kritis
Struktur/bentuk teks:
-
Orientasi
-
Evaluasi
-
Tafsiran
-
Simpulan
Ciri-ciri bahasa:
-
Kalimat kompleks
-
Konjungsi
-
Kata rujukan
-
Kata hubung
-
Pilihan kata
|
A.
Permodelan Teks
Mengamati
·
Membaca teks model
tanggapan kritis untuk memahami unsur kebahasaa/ciri-ciri bahasa teks biografi
(penggunaan kalimat, kata hubung, kata rujukan, kata kerja)
Menanya
·
menanya tentang ciri-ciri
bahasa/unsur kebahasaan teks tanggapan kritis (penggunaan kalimat, pilihan
kata, pemakaian kata hubung, kata rujukan, pilihan kata, dan kata kerja)
·
menanya tentang perbedaan
teks tanggapan kritis dan teks lain
Mengumpulkan Informasi
·
berdiskusi tentang
struktur/bentuk teks tanggapan kritis (orientasi, evaluasi, tafsiran,
simpulan)
·
berdiskusi tentang
ciri-ciri bahasa teks biografi (kalimat komplek, kata hubung, pilihan kata,
kata rujukan, kata kerja)
·
berdiskusi tentang
perbedaan bentuk/struktur dan ciri-ciri bahasa teks tanggapan kritis dengan
teks lain
Menalar/Mengasosiasi
·
menggunakan unsur
kebahasaan (kalimat kompleks, kata rujukan, kata hubung, kata kerja,
keterangan waktu, pilihan kata) untuk kemahiran berbahasa dalam mendukung
pemahaman terhadap teks tanggapan kritis
·
menyimpulkan perbedaan
teks tanggapan kritis dengan teks lain
Mengomunikasikan
·
menyampaikan hasil
pemahaman tentang bentuk/struktur teks dan ciri tanggapan kritis berdasarkan
struktur dan ciri bahasanya
·
menyampaikan hasil
simpulan tentang perbedaan teks tanggapan kritis dengan teks lain berdasarkan
bentuk/struktur teks dan ciri-ciri bahasa masing-masing teks tersebut
|
·
Dapat menjelaskan tentang
teks tanggapan kritis baik melalui lisan maupun tulisan
·
Dapat membedakan antara
teks tanggapan kritis dengan teks lainnya
|
Sikap :
Observasi
·
Tanggung jawab dalam
melaksanakan tugas
·
Kerja sama dalam kelompok
·
Toleransi dalam membahas
tugas menyusun teks
Pengetahuan:
Tes tertulis:
·
Kemampuan dalam memahami
bentuk/struktur teks tanggapan kritis
·
Kemampuan memahami unsur
kebahasaan teks tanggapan kritis
Keterampilan :
Unjuk kerja
· Kemampuan menyampaikan hasil pemahaman tentang bentuk/struktur dan
unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa teks tanggapan kritis
|
6 JP
|
·
Buku teks bahasa Indonesia
kelas IX
·
Lingkungan
·
Media Cetak
·
Media Elektronik
|
3.1 memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan
|
Teks Tanggapan Kritis
Struktur/bentuk teks:
-
Orientasi
-
Evaluasi
-
Tafsiran
-
Simpulan
Ciri-ciri bahasa:
-
Kalimat kompleks
-
Konjungsi
-
Kata rujukan
-
Kata hubung
-
Pilihan kata
Cara menyusun teks tanggapan kritis
Cara mengidentifikasi kekurangan teks berdasarkan
struktur teks
Cara menelaah dan merevisi teks berdasarkan kaidah
kebahasaan
Cara meringkas teks
|
B.
Menyusun Teks secara
bersama
Mengamati
·
Membaca teks tanggapan
kritis yang lain dari berbagai sumber dan menentukan bagian-bagiannya
(orientasi, evaluasi, tafsiran) untuk mempertajam pemahaman tentang teks
·
Mengamati lingkungan
sekitar atau sumber lain untuk bahan penyusunan teks tanggapan kritis secara
kelompok
Menanya
·
Menanya tentang cara
menyusun teks tanggapan kritis
·
Menanya tentang cara
menelaah dan merevisi teks berdasarkan
kaidah kebahasaan
·
Menanya tentang cara
meringkas teks
Mengumpulkan
Informasi
·
Berdiskusi dengan kelompok
tentang sumber-sumber yang akan dijadikan bahan menyusun teks tanggapan
kritis (film, kaset dll)
·
Melakukan kegiatan
pengumpulan bahan/data
·
Berdiskusi tentang kerangka
penulisan teks tanggapan kritis berdasarkan bentuk/struktur teks
·
Berdiskusi tentang unsur
kebahasaan (kalimat kompleks, kata hubung, kata kerja, kata rujukan, pilihan
kata) yang akan digunakan dalam menyusun teks tanggapan kritis
·
Berdiskusi tentang cara
meringkas teks tanggapan kritis yang telah ditulis sehingga pembaca memahami
keseluruhan isi teks
Menalar/Mengasosiasikan
·
Menyusun teks tanggapan
kritis dalam kelompok berdasarkan struktur teks (orientasi, evaluasi,
tafsiran)
·
Menelaah dan merevisi teks
berdasarkan kaidah kebahasaan (penggunaan kalimat, kata hubung, kata rujukan,
kata baku, pemakaian konjungsi, pilihan kata, ejaan, dan tanda baca)
·
Meringkas teks tanggapan
kritis dengan memerhatikan isi sehingga pembaca mengetahui keseluruhan isi
teks
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil telaah
dan revisi teks tanggapan kritis yang disusun kelompok lain berdasarkan isi
dan bentuk/struktur teks dan penggunaan bahasa (ejaan, tanda baca, pilihan
kata)
·
Menyampaikan ringkasan
teks tanggapan kritis secara lisan
·
Menanggapi saran kelompok
lain untuk perbaikan tulisan
·
Mempublikasikan hasil
penyusunan teks
|
·
Dapat menelaah dan
merevisi teks tanggapan kritis dengan baik dan benar
·
Dapat menyusun teks
tanggapan kritis secara berkelompok dengan baik dan benar
·
|
Sikap :
Observasi
·
Tanggung jawab dalam
melaksanakan tugas
·
Santun dalam menyampaikan
pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan menelaah dan
merevisi teks tanggapan kritis
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan menyusun teks
tanggapan kritis secara berkelompok
|
12 JP
|
|
pagi min, boleh minta file softcopynya
BalasHapussaputraedo008@gmail.com
Hapus