position:fixed;bottom:0px; right:0px;

hii

Rabu, 11 Mei 2016

Tgs 8 : Silabus Bahasa Indonesia kelas IX SMP



Nama                           : Nur Rahmah
Nim                             : A1B114090
Prodi                           : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata kuliah                 : Teori dan Pembelajaran Menulis


SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX

Satuan Pendidikan      : SMP/MTs
Kelas/Semester            : IX (Sembilan)/Gasal
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti          :          
KI 1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
I.                    Teks Eksemplum

1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
1.2  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.1  memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kegiatan dalam konteks budaya masyarakat.

Kegiatan pembelajaran KD pada KI-1 dan KD pada KI-2 terintegrasi pada KD-KD pada KI-3 dan 4

Penilaian KD KI-1 dan KD KI-2 terintegrasi dengan penilaian pada KD di KI-3 dan 4


3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantanga, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
Teks Eksemplum
Struktur/Bentuk teks
-          Abstrak
-          Orientasi/
insiden
-          Interpretasi/
tafsiran
-          Amanat

Ciri-ciri bahasa :
-          Kalimat kompleks
-          Kata rujukan
-          konjungsi
A.    Permodelan teks
Mengamati
·         Membaca teks eksemplum (sebagai permodelan) dengan cermat untuk melihat bentuk/struktur teks (abstrak, orientasi/insiden, tafsiran, amanat)
·         Membaca teks model untuk memahami unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa (kalimat kompleks, kata kerja, kata rujukan, konjungsi)

Menanya
·         Menanya tentang bentuk teks eksemplum, yakni tentang unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa teks eksemplum

Mengumpulkan informasi
·         Mencari informasi tentang bentuk/struktur teks eksemplum (abstrak, orientasi/insiden, tafsiran, koda/amanat) dari berbagai sumber dan mendiskusikannya
·         Mencari informasi tentang unsur kebahasaan teks eksemplum dari berbagai sumber dan mendiskusikannya sebagai pendukung teks

Menalar/mengasosiasi
·         Menggunakan unsur kebahasaan (kalimat kompleks, kata rujukan, kata kerja, konjungsi) untuk kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman teks eksemplum secara lisan dan tulisan

Mengomunikasikan
·         Menyampaikan hasil pemahaman tentang ciri-ciri bahasa/unsur kebahasaan teks eksemplum

·         Dapat menjelaskan tentang teks eksemplum baik melalui lisan maupun tulisan
·         Dapat menangkap makna teks eksemplum baik melalui lisan maupun tulisan
Sikap :
Observasi
·         Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
·         Santun dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis:
·         Kemampuan dalam memahami bentuk/struktur teks eksemplum
·         Kemampuan memahami unsur kebahasaan teks eksemplum

Keterampilan :
Unjuk kerja
·         Kemampuan menyampaikan hasil pemahaman tentang bentuk/struktur dan unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa teks eksemplum
6 JP
·         Buku teks bahasa Indonesia kelas IX
·         Lingkungan
·         Media Cetak
·         Media Elektronik
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
Teks Eksemplum
Struktur/bentuk teks
-          Abstrak
-          Orientasi/
insiden
-          Interpretasi/
tafsiran
-          Amanat

Ciri-ciri bahasa :
-          Kalimat kompleks
-          Kata rujukan
-          Konjungsi

Cara mengidentifikasi kekurangan teks berdasarkan kaidah teks (struktur)

Cara menelaah dan merevisi teks berdasarkan kaidah kebahasaan

Cara meringkas teks
B.     Penyusunan Teks secara Mandiri

Mengamati
·         membaca kembali teks eksemplum (dari teks model)

Menanya
·         menanya tentang penyusunan teks eksemplum berdasarkan bentuk/struktur teks serta ciri-ciri bahasa untuk mempertajam pemahaman

Mengumpulkan Informasi
·         mencari informasi dari berbagai sumber tentang teks eksemplum (bentuk/struktur dan ciri-ciri bahasa) untuk mempertajam pemahaman
·         mengumpulkan bahan/data untuk penyusunan teks eksemplum secara mandiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar atau sumber lain

Menalar/Mengasosiasi
·         mengidentifikasi data/informasi yang telah diperoleh sebagai bahan penyusunan teks eksemplum
·         menyusun teks eksemplum berdasarkan data/informasi yang diperoleh dengan memperhatikan bentu/struktur teks (abstrak, orientasi, peristiwa/insiden, interpretasi/tafsiran, koda/amanat) serta unsure bahasa (pilihan kalimat, konjungsi, kata rujukan, pilihan kata, ejaan, dan tanda baca)
·         menelaah kembali teks eksemplum yang telah ditulis dari aspek struktur/bentuk dan kaidah kebahasaan
·         merevisi teks cerita moral berdasarkan hasil telaah untuk penyempurnaan teks
·         meringkas teks eksemplum agar pembaca dapat mengetahui secara keseluruhan isi teks dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca

Mengomunikasikan
·         menanggapi saran dari teman/guru untuk perbaikan tulisan
·         mempublikasikan hasil penyusunan teks
·         Dapat menelaah dan merevisi teks eksemplum
·         Dapat menyusun teks eksemplum dengan baik dan benar
·         Dapat meringkas teks cerita moral dengan penggunaan ejaan dan tanda baca yang baik dan benar
Sikap :
Observasi
·         Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
·         Santun dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis:
·         Kemampuan dalam menelaah dan merevisi  teks cerita moral

Keterampilan :
Unjuk kerja
·         Kemampuan menyusun teks moral
·         Kemampuan meringkas teks cerita moral
12 JP

II.                Teks Tanggapan Kritis
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
1.2  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.2 memiliki perilaku cinta tanah air dan semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna dalam hal pesan dan nilai-nilai budaya

Kegiatan pembelajaran KD pada KI-1 dan KD pada KI-2 terintegrasi pada KD-KD pada KI-3 dan 4

Penilaian KD KI-1 dan KD KI-2 terintegrasi dengan penilaian pada KD di KI-3 dan 4


3.1 memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
Teks Tanggapan Kritis
Struktur/bentuk teks:
-          Orientasi
-          Evaluasi
-          Tafsiran
-          Simpulan

Ciri-ciri bahasa:
-          Kalimat kompleks
-          Konjungsi
-          Kata rujukan
-          Kata hubung
-          Pilihan kata
A.    Permodelan Teks
Mengamati
·         Membaca teks model tanggapan kritis untuk memahami unsur kebahasaa/ciri-ciri bahasa teks biografi (penggunaan kalimat, kata hubung, kata rujukan, kata kerja)

Menanya
·         menanya tentang ciri-ciri bahasa/unsur kebahasaan teks tanggapan kritis (penggunaan kalimat, pilihan kata, pemakaian kata hubung, kata rujukan, pilihan kata, dan kata kerja)
·         menanya tentang perbedaan teks tanggapan kritis dan teks lain

Mengumpulkan Informasi
·         berdiskusi tentang struktur/bentuk teks tanggapan kritis (orientasi, evaluasi, tafsiran, simpulan)
·         berdiskusi tentang ciri-ciri bahasa teks biografi (kalimat komplek, kata hubung, pilihan kata, kata rujukan, kata kerja)
·         berdiskusi tentang perbedaan bentuk/struktur dan ciri-ciri bahasa teks tanggapan kritis dengan teks lain

Menalar/Mengasosiasi
·         menggunakan unsur kebahasaan (kalimat kompleks, kata rujukan, kata hubung, kata kerja, keterangan waktu, pilihan kata) untuk kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman terhadap teks tanggapan kritis
·         menyimpulkan perbedaan teks tanggapan kritis dengan teks lain

Mengomunikasikan
·         menyampaikan hasil pemahaman tentang bentuk/struktur teks dan ciri tanggapan kritis berdasarkan struktur dan ciri bahasanya
·         menyampaikan hasil simpulan tentang perbedaan teks tanggapan kritis dengan teks lain berdasarkan bentuk/struktur teks dan ciri-ciri bahasa masing-masing teks tersebut

·         Dapat menjelaskan tentang teks tanggapan kritis baik melalui lisan maupun tulisan
·         Dapat membedakan antara teks tanggapan kritis dengan teks lainnya
Sikap :
Observasi
·         Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
·         Kerja sama dalam kelompok
·         Toleransi dalam membahas tugas menyusun teks

Pengetahuan:
Tes tertulis:
·         Kemampuan dalam memahami bentuk/struktur teks tanggapan kritis
·         Kemampuan memahami unsur kebahasaan teks tanggapan kritis

Keterampilan :
Unjuk kerja
·     Kemampuan menyampaikan hasil pemahaman tentang bentuk/struktur dan unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa teks tanggapan kritis
6 JP
·         Buku teks bahasa Indonesia kelas IX
·         Lingkungan
·         Media Cetak
·         Media Elektronik
3.1 memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
Teks Tanggapan Kritis
Struktur/bentuk teks:
-          Orientasi
-          Evaluasi
-          Tafsiran
-          Simpulan

Ciri-ciri bahasa:
-          Kalimat kompleks
-          Konjungsi
-          Kata rujukan
-          Kata hubung
-          Pilihan kata

Cara menyusun teks tanggapan kritis

Cara mengidentifikasi kekurangan teks berdasarkan struktur teks

Cara menelaah dan merevisi teks berdasarkan kaidah kebahasaan

Cara meringkas teks
B.     Menyusun Teks secara bersama

Mengamati
·         Membaca teks tanggapan kritis yang lain dari berbagai sumber dan menentukan bagian-bagiannya (orientasi, evaluasi, tafsiran) untuk mempertajam pemahaman tentang teks
·         Mengamati lingkungan sekitar atau sumber lain untuk bahan penyusunan teks tanggapan kritis secara kelompok

Menanya
·         Menanya tentang cara menyusun teks tanggapan kritis
·         Menanya tentang cara menelaah dan merevisi teks berdasarkan  kaidah kebahasaan
·         Menanya tentang cara meringkas teks

Mengumpulkan Informasi
·         Berdiskusi dengan kelompok tentang sumber-sumber yang akan dijadikan bahan menyusun teks tanggapan kritis (film, kaset dll)
·         Melakukan kegiatan pengumpulan bahan/data
·         Berdiskusi tentang kerangka penulisan teks tanggapan kritis berdasarkan bentuk/struktur teks
·         Berdiskusi tentang unsur kebahasaan (kalimat kompleks, kata hubung, kata kerja, kata rujukan, pilihan kata) yang akan digunakan dalam menyusun teks tanggapan kritis
·         Berdiskusi tentang cara meringkas teks tanggapan kritis yang telah ditulis sehingga pembaca memahami keseluruhan isi teks

Menalar/Mengasosiasikan
·         Menyusun teks tanggapan kritis dalam kelompok berdasarkan struktur teks (orientasi, evaluasi, tafsiran)
·         Menelaah dan merevisi teks berdasarkan kaidah kebahasaan (penggunaan kalimat, kata hubung, kata rujukan, kata baku, pemakaian konjungsi, pilihan kata, ejaan, dan tanda baca)
·         Meringkas teks tanggapan kritis dengan memerhatikan isi sehingga pembaca mengetahui keseluruhan isi teks

Mengomunikasikan
·         Menyampaikan hasil telaah dan revisi teks tanggapan kritis yang disusun kelompok lain berdasarkan isi dan bentuk/struktur teks dan penggunaan bahasa (ejaan, tanda baca, pilihan kata)
·         Menyampaikan ringkasan teks tanggapan kritis secara lisan
·         Menanggapi saran kelompok lain untuk perbaikan tulisan
·         Mempublikasikan hasil penyusunan teks




·         Dapat menelaah dan merevisi teks tanggapan kritis dengan baik dan benar
·         Dapat menyusun teks tanggapan kritis secara berkelompok dengan baik dan benar
·          
Sikap :
Observasi
·         Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
·         Santun dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·         Kemampuan menelaah dan merevisi teks tanggapan kritis
Keterampilan:
Unjuk kerja
·         Kemampuan menyusun teks tanggapan kritis secara berkelompok


12 JP

 

2 komentar :