Menulis merupakan suatu
kegiatan yang positif, dimana kita mengeluarkan segala ide, curahan hati,
pengalaman pribadi, imajinasi, impian dan harapan yang di abadikan dalam
secarik kertas ataupun media lainnya. kegiatan positif ini, tentunya juga dapat
menghasilkan karya dan bisa mendatangkan penghasilan. Inilah pentingnya
sebuah mata kuliah Teori dan Pembelajaran Menulis.
Kualitas suatu tulisan sangat
berpengaruh dari buku yang telah dibaca, pengalaman hidup, suasana hati dan
media yang baik dalam menyalurkannya. Hasil dari tiap tulisan, tentu
menunjukan jati diri seorang penulisnya, hendaknya pembaca mencoba untuk
memahami penulis dari segi pola pikirnya. kita tidak dapat menghakimi suatu
tulisan, hanya dari pola pikir sendiri. Sebagai pembaca yang baik harusnya
dapat menghargai dan memberikan saran yang mendukung pada penulis.
Pada proses belajar menulis,
kita juga dapat mengambil sumber pembelajaran dari buku-buku penunjang menulis,
internet, media cetak, berkunjung keperpustakaan, maupun mengikuti seminar
kepenulisan karya ilmiah maupun karya sastra. Pembelajaran di kelas juga dapat
dilakukan dengan diskusi, forum kritik tulisan (dimana pada beberapa pertemuan,
mahasiswa dituntut untuk bisa mengkritik tulisan karya mahasiswa lainnya, ini
dimaksudkan agar, mahasiswa terlatih dalam berbicara dan mengungkapkan
pendapatnya atas tulisan teman sekelasnya), serta kerja kelompok pembuatan
artikel di media cetak.
Kegiatan menulis
hendaknya berada pada kelas dengan suasana tenang, karena dengan suasana
tersebut, mahasiswa dapat berkonsentrasi dalam menulis karya ilmiah. Sedangkan
untuk penulisan karya sastra, di perlukan suasana yang berbeda disetiap
pertemuan, hal ini dimaksudkan agar dapat memunculkan ide untuk menulis karya
yang bernilai seni. Selain itu diharapkan juga terdapat fasilitas yang memadai,
seperti alat tulis, buku-buku, maupun laptop.
Terdapatnya jalinan komunikasi yang
baik antara dosen dan mahasiswa, diantaranya adanya rasa saling menghormati di
dalam kelas, keterbukaan dosen dalam penyampaian kesalahan-kesalahan dalam
pembuatan tugas mahasiswa dan penyampaian materi yang tidak keluar dari konteks
pembelajaran.
Pada akhir semester, hendaknya
semua tugas yang telah dikumpulkan kepada dosen, dikembalikan kepada mahasiswa,
agar mahasiswa dapat melihat penilaian dari dosennya atas hasil dari semua tugas
yang telah mereka kumpulkan. Ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat bercermin
pada dirinya sendiri atas nilai yang telah ia dapatkan nantinya, hal ini juga
berguna sebagai kritik dan motivator atas tugas yang telah dibuatnya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar